Jangan Asal Mencium Bayi Baru Lahir! Ini Bahayanya

KehamilanCerdas - Sering merasa gemas ketika melihat bayi baru lahir? Wajahnya yang imut dan lucu, kulitnya yang lembut dan aromanya yang wangi membuat semua orang merasa gemas ingin menyentuh hingga mencium bayi. Sebagai orang orang tua, Anda harus waspada karena kebiasaan sepele tersebut dapat membahayakan keselamatan bayi Anda. Ingat, bayi baru lahir harus selalu berada dalam lingkungan yang bersih dan steril. Nah, sentuhan dan ciuman dari orang-orang yang menjenguk tersebut bisa saja menjadi media berpindahnya kuman atau bakteri pada bayi baru lahir. Sistem imun tubuh bayi yang belum sempurna membuatnya rentan tertular penyakit atau mengalami infeksi yang serius.

Jangan Asal Mencium Bayi Baru Lahir

Cara Menjaga Bayi Baru Lahir

Menjaga dan melindungi bayi adalah kewajiban penuh orang tuanya, karena siapa yang repot jika bayi Anda menderita penyakit. Agar bayi Anda selalu sehat dan terbebas dari ancaman penyakit, simak cara menjaga bayi baru lahir berikut ini :

Pastikan cuci tangan sebelum menyentuh bayi

Mencuci tangan sangat penting sebelum menyentuh bayi, karena penyakit infeksi banyak disebarkan melalui sentuhan tangan. Mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir dapat meminimalisir infeksi kuman. Tidak hanya Anda, tapi pastikan siapa yang berkunjung atau menyentuh bayi harus mencuci tangan lebih dulu.

Sediakan cairan anti kuman

Jika ingin praktis, Anda juga bisa menyediakan cairan anti kuman di kamar bayi. Jadi cukup menggosok tangan dengan cairan tersebut sebentar saja, tangan Anda sudah steril dan siap berinteraksi dengan bayi Anda.

Menempatkan bayi dalam box

Ketika ada saudara atau kerabat yang mengunjungi bayi Anda, pastikan tempatkan bayi pada box bayi. Hal ini setidaknya lebih aman daripada Anda menggendongnya. Menempatkan bayi di box membuat pengunjung bisa leluasa melihat  meski tidak menyentuhnya.

Waspadai sentuhan dan ciuman

Hampir semua orang pasti tergoda untuk menyentuh dan mencium bayi. Namun sebagai orang tua, Anda wajib mengingatkan agar mereka tidak menyentuh, mencium apalagi menghisap wajah atau tangan bayi. Jangan sampai moment yang tidak sampai 1 menit tersebut membuat bayi Anda terpapar kuman dan bakteri yang berbahaya.

Hindari tempat atau lingkungan yang ramai

Sistem imun bayi baru lahir masih belum sempurna sehingga sangat rentan tertular penyakit. Oleh karena itu, jangan bawa anak di tempat atau lingkungan yang ramai, seperti : toko, mall, pasar, rumah makan atau tempat ramai lainnya.

Rutin kunjungi dokter Anda

Untuk menjaga kesehatan bayi baru lahir, pastikan ibu selalu mematuhi petunjuk dokter, misalnya : memeriksakan kesehatan bayi, mematuhi jadwal pemberian vaksin yang direkomendasikan oleh dokter.
Semoga semua upaya diatas dapat meminimalisir risiko penyakit pada bayi Anda dan pastinya membuat buah hati Anda tumbuh sehat dan ceria.  Semoga informasi yang berjudul Jangan Asal Mencium Bayi Baru Lahir! Ini Bahayanya diatas dapat bermanfaat bagi kita semua.