Enam Makanan yang Wajib Dihindari Saat Menyapih Bayi

KehamilanCerdas - Menyapih termasuk satu moment yang sangat penting dalam proses tumbuh kembang sang buah hati. Pastikan selektif memilih makanan pengganti ASI yang aman dan sehat, karena apa yang mulai dikonsumsi sejak bayi akan berpengaruh padapola makan dan juga gaya hidupnya di kemudian hari. Selain itu, saat menyapih bayi,  para orang tua juga wajib menghindari beberapa jenis makanan yang tidak bisa diterima oleh sistem pencernaannya. Kenapa demikian? Karena beberapa makanan tersebut dapat memicu alergi pada buah hati.
Enam Makanan yang Wajib Dihindari Saat Menyapih Bayi

Hem, kira-kira apa sajakah makanan yang wajib dihindari saat menyapih bayi? Simak penjelasannya berikut ini :

Makanan mengandung gula

Sesaat setelah disapih, kebanyakan ibu akan memberikan minuman atau makanan manis agar si kecil tidak rewel. Hal ini sangat tidak dianjurkan, karena dapat sebabkan kerusakan gigi. Selain itu, asupan kalori berlebihan juga dpat memicu obesitas bayi bayi.

Makanan mengandung garam tinggi

Selain gula, makanan yang mengandung garam tinggi juga wajib dihindari saat menyapih bayi. Karena ginjal bayi masih belum siap menerima asupan tinggi garam, sehingga dapat sebabkan bayi kembung dan juga dehidrasi.

Kacang-kacangan

Meski memiliki ukuran yang kecil, namun kacang-kacangan bisa menyebabkan bayi tersedak. Selain itu, kacang-kacangan juga rentan sebabkan alergi pada bayi. Oleh karenanya, hindari berikan makanan jenis ini saat menyapih bayi.

Susu Sapi Murni

Meskipun sehat, namun susu sapi murni kurang cocok untuk bayi dibawah usia 1 tahun. Karena protein dan beberapa enzim dalam susu sapi murni tidak bisa diterima oleh sistem pencernaan bayi, sehingga jika dipaksakan dapat sebabkan kembung atau diare.

Seafood

Seafood memang makanan sehat dan kaya protein. Akan tetapi untuk bayi usia 1 tahun sangatlah tidak cocok, karena rentan berisiko mengalami keracunan akibat zat tertentu pada ikan atau hewan laut lainnya. Selain itu, tekstur seafood yang padat juga dapat sebabkan sakit perut pada bayi.

Daging sapi

Selain seafood, daging sapi juga memiliki tekstur yang terlalu padat sehingga memicu sakit perut atau konstipasi pada bayi. Oleh karena itu, pastikan hindarkan makanan ini pada bayi saat baru disapih.
Hem, setelah memahami penjelasan dalam artikel diatas, masihkah Anda bingung memilih makanan yang sehat dan aman untuk bayi? Semoga informasi yang berjudul Enam Makanan yang Wajib Dihindari Saat Menyapih Bayi diatas dapat bermanfaat bagi kita semua.