Cara Mudah Mengatasi Ruam Popok Pada bayi

Ada banyak masalah yang mengganggu kenyamanan dan ketenangan bayi , salah satunya ruam popok. Ruam popok termasuk satu masalah kulit yang sering dialami bayi.  Mungkin tak banyak yang tahu, apa sich ruam popok itu dan apa sajakah penyebab bayi mengalami ruam popok? Ruam popok merupakan iritasi yang biasa terjadi pada area pantat atau sekitar kelamin bayi. Umumnya, Ruam popok ditandai dengan kulit yang kemerahan atau lecet pada bagian pantat dan sekitar kemaluan bayi.

Penyebab Ruam Popok

Dengan mengetahui penyebabnya, maka para ibu akan lebih mudah untuk mengatasinya. Penyebab ruam popok sendiri sangat beragam, diantaranya :
Kulit bayi yang sensitive
Obesitas sehingga terjadi gesekan kulit
Bahan popok yang tidak nyaman, misalnya : kasar, mengandung plastic dan tidak bisa menyerap keringat.
Malas mengganti popok yang basah dan lembab
Infeksi jamur atau bakteri 

Cara Mengatasi Ruam Popok

Meski tidak berbahaya, namun ruam popok sangat mengganggu kenyamanan bayi. Oleh karena itu, setelah mengetahui beberapa penyebabnya diatas, maka sudah seharusnya Anda tahu bagaimana cara mencegah dan mengatasi ruam popok. Daripada penasaran, simak Cara Mudah Mengatasi Ruam Popok Pada bayi berikut ini :
- Jaga kebersihan tubuh dan pakaian bayi, misalnya : segera bersihkan setelah bayi kencing dan BAB hingga bersih, karena sisa urin dan BAB yang menempel pada kulit dapat memicu ruam popok
- Pilih bahan popok yang nyaman, misalnya : katun, kaus, dan lainnya
- Jika bayi menggunakan diaper, pastikan pilih ukuran yang tepat dan bahan yang nyaman, misalnya : memiliki daya serap tinggi dan anti bocor. 
- Jika bayi Anda memilih popok dari kain, pastikan mencuci dengan detergen khusus bayi, karena dapat mencegah iritasi kulit.
- Lindungi bayi Anda dari produk-produk yang mengandung pewangi dan alkohol karena berisiko memperburuk kondisi kulit yang terkena ruam popok
- Jika sudah terkena ruam popok, Anda bisa memanfaatkan krim pelindung bagi kulit bayi .
- Apabila ruam bertambah parah, segera konsultasi ke dokter specialis kulit.
Semoga informasi yang berjudul Cara Mudah Mengatasi Ruam Popok Pada bayi diatas dapat bermanfaat bagi kita semua.

Baca Artikel Keren Lainnya
Tips Cerdas Agar Bayi Bisa Cepat Berjalan
Kenali Tahap-Tahap Perkembangan Janin
Kenali Tanda-tanda bayi sehat dalam kandungan
7 Hal yang Wajib Diperhatikan Saat Menjemur Bayi
Manfaat Menakjubkan Mandi Matahari Pada Bayi