Manfaat Menakjubkan Mandi Matahari Pada Bayi

KehamilanCerdas - Bayi baru lahir selalu mendapatkan perlakukan istimewa dari orang-orang disekelilingnya. Ada beberapa kebiasaan yang wajib dilakukan para orang tua pada bayinya, salah satunya Mandi matahari. Meski melakukan kebiasaan tersebut, namun tak semua ibu tahu apa sich manfaat mandi matahari bagi bayi? Ternyata ada banyak manfaat menakjubkan yang diperoleh bayi dari kebiasaan tersebut, salah satunya untuk memecah bilirubin. Hem, apakah yang disebut dengan bilirubin? Untuk lebih jelasnya, simak kelanjutan artikel yang berjudul Manfaat Menakjubkan Mandi Matahari Pada Bayi ini.
Berbicara masalah bilirubin, ternyata hal itu merupakan satu kondisi dimana bayi baru lahir terlihat kuning pada mata maupun kulitnya. Warna kuning tersebut terjadi akibat proses pemecahan sel darah merah yang akan terbuang pada tubuh ibu melalui plasenta, tepatnya ketika bayi masih berada dalam kandungan. Harusnya proses tersebut sudah tidak berlangsung setelah bayi dilahirkan, namun karena kondisi fisiologis bayi masih belum siap untuk memecahkan bilirubin, jadi harus dibantu dengan mandi matahari pagi. Umumnya, pada hari ke-3 hingga ke 5, kadar bilirubin pada bayi akan memuncak, namun pada hari ke 7 kadarnya akan mulai menurun karena fungsi hati sudah mulai bekerja optimal. 
Mandi matahari atau berjemur untuk bayi baru lahir bisa dilakukan pada pukul 7 setidaknya kurang dari pukul 8 pagi. Anda bisa membawa bayi keluar rumah sebelum atau sesudah mandi. Selain itu, ada manfaat menakjubkan lain dari kebiasaan mandi matahari pad bayi, diantaranya :

Menguatkan tulang

Selain memecah bilirubin, mandi matahari juga bermanfaat menguatkan tulang bayi. Seperti yang kita tahu, sinar matahari pagi sangat bermanfaat merangsang tubuh untuk memproduksi Vitamin D, dimana fungsinya dapat meningkatkan penyerapan kalsium sehingga tulang semakin kuat.

Mengurangi suara ngorok pada bayi

Bayi baru lahir seringkali mengalami suara ngorok saat bernafas. Hal itu akibat adanya lendir pada tenggorokan bayi. Mandi matahari tidak hanya menghangatkan tubuh, tapi juga memicu pengeluarkan lendir pada tenggorokan bayi sehingga suara ngorok hilang.

Menguatkan sistem imun tubuh

Sinar matahari bermanfaat menguatkan sistem kekebalan tubuh.  Paparan sinar matahari akan membuat tubuh lebih banyak memproduksi sel darah putih yang membantu menangkal infeksi dan berbagai penyakit yang muncul akibat virus, bakteri dan jamur.

Mempererat ikatan

Mandi matahari juga bermanfaat mempererat ikatan antara ibu dan bayinya.
Hem, ternyata ada banyak manfaat yang tak terduga dari kebiasaan menjemur bayi baru lahir. Semoga informasi yang berjudul Manfaat Menakjubkan Mandi Matahari Pada Bayi diatas dapat bermanfaat bagi kita semua.
Baca Artikel Keren Lainnya
Kenali Lima Jenis Keguguran pada Ibu Hamil Muda
Bahaya Virus Zika Bagi Ibu Hamil dan Janin
Tujuh Kebiasaan yang menurunkan tingkat kecerdasan anak
Kenali 6 Jenis Perubahan Kulit Selama Hamil