Kenali 6 Jenis Perubahan Kulit Selama Hamil

Kehamilan Cerdas - Kehamilan termasuk satu moment yang paling menakjubkan bagi para wanita, dimana didalam perutnya terdapat kehidupan sang buah hati. Bagi wanita yang baru menjalani kehamilan pertamanya, moment kehamilan pastilah membuatnya ekstra hati-hati dan cemas terjadi sesuatu yang buruk. Sebenarnya tidak perlu cemas dan takut, karena dengan pengetahuan yang cukup tentang kehamilan, para ibu akan lebih tenang dalam menjalani kehamilannya. Satu hal yang wajib Anda pahami saat hamil adalah terjadinya perubahan pada fisik ibu, salah satunya : kulit. Hem, kira-kira apa sajakah perubahan yang terjadi pada kulit wanita selama hamil? 
Untuk lebih jelasnya, langsung saja simak kelanjutan artikel yang berjudul Kenali 6 Jenis Perubahan Kulit Selama Hamil berikut ini :

Topeng kehamilan

Salah satu perubahan yang biasa dialami wanita hamil adalah munculnya melasma atau yang dikenal dengan topeng kehamilan. Melasma merupakan satu kondisi, dimana ibu hamil mengalami kulit yang berwarna lebih gelap disbanding sebelumnya, misalnya : di dahi, pipi, bibir atas, dan lainnya. Tidak perlu cemas dengan kondisi ini, karena hal ini akibat pengaruh hormon estrogen yang meningkat segingga merangsang melanin berlebih. Namun hal ini bisa menghilang dengan sendirinya setelah proses persalinan atau selesai menyusui.

Varises vena

Varises termasuk salah satu perbuahan kulit yang biasa terjadi selama masa kehamilan. Hal ini akibat peningkatan volume darah secara keseluruhan pad aibu hamil. Untuk mencegah varises, ibu bisa melakukan olahraga ringan secara rutin, hindari berdiri terlalu lama, menyilangkan kaki, dan lain sebagainya.

Kulit merekah

Saat hamil, umumnya ibu akan mengalami peningkatan berat badan yang lumayan banyak. Akibatnya beberapa anggota badan ikut merekah/meebar. Kulit merekah seringkali ditandai dengan garis-garis berwarna merah muda. Umumnya, kulit merekah terjadi pada area lengan, bokong, paha dan lain sebagainya. Untuk menghilangkan efek kulit merekah ini, Anda bsia menggosoknya secara rutin menggunakan scrub.

Stretch marks

Seiring bertambahnya usia kehamilan, maka perut ibu hamil akan ikut membesar. Pada saat itu, umumnya wanita akan mengalami stretch marks, dimana muncul guratan pada kulit yang dibarengi rasa gatal berlebihan. Stretch marks umumnya muncul pada perut, paha atas dan payudara. Tahukah Anda, jika menggaruk kulit justru dapat memperburuk kondisi kulit, karena guratan yang tadinya berwarna kemerahan dapat berubah menjadi putih, cokelat, atau kelabu. Agar kondisinya tidak semakin memburuk, Anda bisa mengoleskan minyak zaitun secara rutin pada kulit.

Linea nigra

Linea nigra termasuk satu perubahan kulit pada ibu hamil, dimana terjadi perubahan warna kecoklatan pada kulit di bawah pusar hingga kemaluan. Bentuk linea nigra sendiri adalah seperti garis coklat tipis yang memanjang seperti coretan crayon. Hal ini akibat perubahan hormon selama hamil, jadi tidak perlu dicemaskan karena akan menghilang dnegan sendirinya setelah proses persalinan.

Kulit berminyak dan berjerawat

Perubahan hormon selama hamil juga memberikan dampak yang luar biasa bagi kukit, diantaranya : kulit berminyak dan jerawat. Tidak perlu cemas, karena masalah ini juga akan berakhir setelah proses persalinan. Tapi jangan lupa tetap jaga kebersihan dan kecantikan kulit Anda. 
Dengan mengenali 6 Jenis Perubahan Kulit Selama Hamil diatas, Anda pasti tidak akan cemas dan pastinya jadi lebih tenang menjalani masa kehamilan. Semoga bermanfaat yaaa! 

Baca Artikel Keren Lainnya
Tujuh Kebiasaan yang menurunkan tingkat kecerdasan anak
Mitos Ciri-ciri Hamil Anak Perempuan
Konsumsi 8 Makanan Ini Agar Anak Cerdas Sejak Dini