7 Hal yang Wajib Diperhatikan Saat Menjemur Bayi

KehamilanCerdas - Menjemur bayi pada pagi hari sangat baik untuk kesehatan dan tumbuh kembangnya, karena itu tak heran jika banyak ibu yang menerapkannya pada buah hatinya. Selain mencegah bayi kuning, mandi matahari juga sangat bermanfaat bagi pertumbuhan tulang dan kesehatan tubuh bayi secara keseluruhan. Meski begitu, ada banyak rambu-rambu yang harus diperhatikan ketika menjemur bayinya. Jangan karena alasan sehat, lantas para ibu menjemur bayinya dalam jangka waktu lama, karena hal itu justru dapat berbahaya bagi bayi. Agar bayi mendapatkan manfaat yang optimal dari cahaya matahari, pastikan Anda memperhatikan rambu-rambunya, berikut ini :

Pilih waktu yang tepat

Waktu yang tepat dan baik untuk menjemur bayi adalah antara jam 7 hingga jam 8 pagi. Ajak bayi Anda untuk mandi matahari selama kurang lebih 15 menit. Kulit bayi masih sensitive, sehingga Anda tidak bisa terlalu lama menjemur bayi, terutama pada waktu diatas pukul 8 pagi.

Pilih lokasi yang tepat

Menjemur bayi tidak harus di ruangan terbuka yang mendapat paparan sinar matahari langsung, karena Anda bisa juga melakukannya pada ruangan kaca yang meskipun terlindung, tapi cahaya matahari masih bisa masuk dan menghangatkan tubuh bayi. Hal ini bisa dipilih, terutama jika kondisi tengah berangin atau cuaca dingin.

Buka pakaian bayi

Agar mendapatkan manfaat yang optimal, Anda bisa membuka selimut atau pakaian bayi ketika berjemur. Hal ini akan membuat bagian dada bayi terkena sinar matahari, dimana ini sangat bermanfaat melonggarkan pernafasan.

Bolak-balik tubuh bayi

Agar bayi mendapatkan manfaat optimal dari cahaya matahari pagi, pastikan Anda membolak-balik tubuh bayi. Jadi, bukan hanya bagian dada saja, tapi punggungnya juga terpapar sinar matahari.

Hindari cahaya matahari pada area mata

Hindari paparan cahaya matahari pada area mata bayi, karena dapat sebabkan kerusakan lensa dan juga retina matanya. Oleh karena itu pastikan menjemur bayi dengan posisi membelakangi sinar matahari.

Jemur bayi secara rutin

Jika sebagian ibu menjemur bayi untuk menghindari bayi kuning saja, sehingga ketika kadar bilirubinnya normal, maka kebiasaan menjemur bayi jadi berhenti. Jangan lakukan itu, karena menjemur bayi mengandung manfaat yang luar biasa lainnya, misalnya : mendukung pertumbuhan tulangnya, membuat tidur bayi lebih lelap, dan lainnya.

Ajak bayi berinteraksi

Saat menjemur bayi, sebisa mungkin Anda tetap mengajaknya berinteraksi, misalnya : mengajaknya ngobrol, memijat, bernyanyi, dan lainnya. Karena momen ini dapat meningkatkan bonding antara Anda dengan si buah hati.
Dari beberapa hal yang disebutkan diatas, pastilah Anda akan semakin memahami bagaimana kapan waktu yang tepat dan bagaimana cara mendapatkan manfaat optimal dari cahaya matahari. Semoga informasi yang berjudul 7 Hal yang Wajib Diperhatikan Saat Menjemur Bayi diatas dapat bermanfaat bagi kita semua.

Baca Artikel Keren Lainnya
Manfaat Menakjubkan Mandi Matahari Pada BayiKenali Lima Jenis Keguguran pada Ibu Hamil MudaKeguguran saat Hamil Muda : Tanda, Penyebab, dan Upaya PencegahanBahaya Virus Zika Bagi Ibu Hamil dan JaninTujuh Kebiasaan yang menurunkan tingkat kecerdasan anak