Tips Agar Tidur Nyenyak di Usia Kehamilan yang Semakin Membesar

Kehamilan Cerdas-Saat kehamilan memasuki trimester ketiga, umumnya ibu hamil akan mengalami beberapa masalah yang membuatnya susah tidur. Hal itu sangatlah wajar, karena kondisi perut ibu hamil semakin membesar dan gerakan janin semakin lincah. Meski begitu, istirahat yang cukup harus dilakukan ibu hamil untuk menjaga kesehatan diri dan janin dalam kandungan. Tapi bagaimana ibu hamil bisa tidur dengan nyenyak jika beberapa masalah siap mengganggu tidurnya. Tidak perlu cemas, karena dengan beberapa tips cerdas, ibu hamil bisa tidur dengan lelap meskipun perutnya sudah membesar.
Daripada penasaran, simak Tips Agar Tidur Nyenyak di Usia Kehamilan yang Semakin Membesar berikut ini :

1. Tidur miring ke kiri

Dalam kondisi  perut yang membesar, Anda harus  tidur dalam posisi yang tepat, yakni miring ke kiri. Tidur dengan posisi ini akan membantu melancarkan aliran darah dan  nutrisi bagi janin dalam kandungan. Selain itu, tidur dalam posisi miring dapat membantu mengurangi mual dan muntah.

2. Kenakan pakaian yang nyaman

Agar ibu hamil bisa tidur dengan nyenyak, pastikan kenakan pakaian yang nyaman saat tidur, misalnya : mampu menyerap keringat, longgar, dan pastinya membuat ibu hamil merasa nyaman.

3. Minum susu  hangat sebelum tidur

Minum susu hangat tidak hanya membantu memenuhi kebutuhan nutrisi ibu hamil, tapi juga membantu ibu hamil tidur dengan lelap. Hal itu karena kandungan triptofan dalam susu yang membantu melepaskan hormon melatonin yang membuat ibu merasa nyaman.

4. Gunakan bantal yang nyaman

Agar ibu hamil bisa tidur dengan lelap saat malam hari, pastikan Anda menggunakan bantal yang nyaman. Jika memungkinkan, Anda bisa menggunakan bantal khusus untuk ibu hamil yang nyaman.

5. Matikan lampu saat tidur

Mematikan lampu saat tidur membantu tidur ibu hamil lebih nyenyak, karena dalam kondisi gelap maka produksi hormon melatonin akan lebih meningkat. Hormon tersebut membantu  Anda tidur lebih nyenyak di malam hari.
Setelah membaca tips-tips diatas, pastinya ibu hamil tidak perlu cemas dengan masalah susah tidur. Semoga informasi yang berjudul Tips Agar Tidur Nyenyak di Usia Kehamilan yang Semakin Membesar diatas dapat bermanaat bagi kita semua.