Manfaat sehat minum air kelapa saat hamil

KehamilanCerdas- Minum air kelapa saat hamil termasuk satu kebiasaan yang sangat direkomendasikan. Tapi tahukah Anda apa sich alasannya? Beberapa orang tua menyebutkan jika minum air kelapa saat hamil dapat membuat bayi yang dilahirkan bersih. Bersih disini, bukan berarti kulitnya putih  mulus, karena kulit bayi tetap dipengaruhi oleh kedua orang tuanya. Tidak mungkin orang tua yang berkulit hitam akan melahirkan anak yang berkulit putih hnya karena minum air kelapa. Jadi, bersih disini bisa diartikan bersih dari kotoran  atau lemak yang kadang menempel pada kulit bayi. Selain itu, air kelapa mengandung nutrisi tinggi yang membantu mendukung tumbuh kembang janin dan kandungan.
Nah, agar tidak menebak-nebak dan lebih jelas tujuannya, sebaiknya simak Manfaat sehat minum air kelapa saat hamil berikut ini :

1. Mencukupi kebutuhan cairan

Ketika hamil, seorang ibu  harus mencukupi kebutuhan cairan tubuh. Selain air putih dan buah-buahan Anda bisa memilih air kelapa untuk memenuhi kebutuhan cairan. Rasa air kelapa sangat segar dan bisa menghidrasi tubuh dengan cepat.

2. Menjaga tekanan darah

Saat hamil, wanita cenderung mengalami tekanan darah tinggi. Hal itu akibat stress dan kecemasan yang sering dirasakan akibat perubahan selama kehamilan. Dengan rutin minum air kelapa, pikiran Anda akan jauh lebih rileks dan kondisi tersebut dapat membantu menurunkan risiko naiknya tekanan darah.

3. Menjaga berat badan

Meski air kelapa memiliki rasa yang manis, namun air kelapa rendah lemak dan kolesterol looh.. jadi Anda tidak perlu cemas akan kelebihan berat badan akibat minum air kelapa.

4. Menjaga kecantikan kulit

Saat hamil, umumnya ada beberapa perubahan tubuh yang memicu kecantikan kulit, diantaranya : jerawat, kulit berminyak, noda hitam/topeng kehamilan, dan lainnya. Dengan  rutin mengonsumsi air kelapa, masalah tersebut bisa diatasi dengan mudah. Hal itu karena air kelapa mengandung Vitamin C y ang merupakan antioksidan alami y ang berkhasiat  bagi kecantikan kulit.

5. Meningkatkan kekebalan tubuh  ibu hamil

Saat hamil, ibu  akan mengalami lelah yang bertambah-tambah. Kandungan nutrisi dalam air kelapa, seperti : folat, riboflavin, niasin, vitamin dan sifat anti virus/bakteri ini sangat ampuh membantu meningkatkan kekebalan tubuh.

6. Meredakan morning sicknes

Saat hamil, ibu seringkali mengalami morning sicknes/ Segarnya air kelapa dapat mengurangi mual dan muntah serta menyegarkan tubuh lebih cepat karena mengandung elektrolit dan nutrisi lainnya yang dibutuhkan selama hamil.
Manfaat air kelapa untuk ibu hamil sangatlah luar biasa. Agar hasilnya lebih optimal, hindari menambahkan gula atau sirup karena dapat mengurangi nilai gizinya.

Baca Artikel Keren Lainnya
Cara Mudah Mengatasi Perut Kembung Pada Bayi
Bahayakah Bercak Putih Pada Bibir dan Lidah Bayi?
7 Cara Cerdas Cegah Sretchmarks Saat Hamil
5 Alasan yang Membuat Wanita Hamil Terlihat Cantik