Makanan yang Wajib Dihindari Ibu Hamil

Kehamilan Cerdas-Makanan merupakan factor penting yang harus diperhatikan selama kehamilan. Meski demikian, pada saat hamil, ada beberapa jenis makanan yang tidak boleh dikonsumsi atau dibatasi sementara waktu karena dapat membahayakan kehamilan dan janin. Ada beberapa mitos yang beredar di luar mengenai makanan pantangan saat hamil, namun ibu hamil harus bijak dalam menyikapinya. Jangan sampai karena takut dengan mitos yang tidak terbukti kebenarannya secara medis, ibu justru menghindari makanan yang bernutrisi.

Pengetahuan yang luas akan membuat ibu hamil mampu membedakan mana informasi yang benar dan salah. Untuk itu, yuk simak beberapa jenis makanan yang tidak baik untuk ibu hamil, diantaranya :

1.    Daging mentah atau setengah matang

Sebenarnya daging bagus dikonsumsi ibu hamil, tapi dengan syarat harus dimasak sampai matang. Daging mentah mengandung parasite toksoplasma dan bakteri salmonella yang membahayakan ibu hamil dan janin.

2.    Sayuran mentah/lalapan/salad yang tidak higienis

Sayuran juga bagus buat ibu hamil, asalkan kebersihannya terjaga dan sebisa mungkin sudah dimasak sampai matang. Sayuran mentah dan tidak higienis kebanyakan mengandung bakteri ecoli dan Toksoplasmosis yang membahayakan ibu hamil dan janin.

3.    Hati ayam dan hati sapi

Kandungan retinol yang cukup tinggi dalam hati ayam/sapi membuatnya justru kurang bagus atau bahkan membahayakan janin dalam kandungan

4.    Ikan laut yang ukurannya besar

Ikan mengandung protein tinggi dan nutrisi penting lainnya, namun khusus ikan yang ukurannya besar, ibu hamil harus waspada karena dikhawatirkan mengandung mercuri yang membahayakan pertumbuhan janin.

5.    Keju lunak dan susu yang tidak di pasteurisasi

Produk susu yang tidak dipasteurisasi dengan sempurna berpotensi mengandung bakteri yang membahayakan janin

6.    Minuman alk0h0l 

Minuman beralkh0h0l mengandung racun yang dapat menyebabkan kelainan pada janin/keguguran.

7.    Minuman yang mengandung kafein

Kafein dapat memicu bayi berat badan lahir rendah (BBLR) dan keguguran.

8.    Durian, nangka

MAkanan jenis ini biasanya dapat memicu penumpukan gas yang membuat perut ibu kembung
Sudah jelas kana pa saja makanan atau minukan yang tidak baik untuk ibu hamil. Semoga informasi diatas dapat bermanfaat buat kita semua.